Translate

Selasa, 01 Mei 2012

kalimat majemuk campuran

Kalimat majemuk campuran adalah kalimat majemuk yang di dalamnya terdapat kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.
Perhatikan contoh-contoh berikut :
(1) Ketika hujan mereda, Toni bermain game tetapi Albert membaca
     komik.
(2) Ayah dan ibu mengatakan bahwa saya harus rajin belajar.
(3) Saat Tuti dan Salma belajar, ayah dan ibu pergi ke masjid.

Kalimat (1) terdiri dari kalimat majemuk setara : “Toni bermain game tetapi Albert membaca komik “ yang juga sekaligus menjadi induk kalimat. Adapun “Ketika hujan mereda” adalah anak kalimat yang menandakan bahwa dalam kalimat tersebut terdapat kalimat majemuk.

Kalimat (2) terdiri dari kalimat majemuk setara : “Ayah dan ibu mengatakan ……..“ yang juga sekaligus menjadi induk kalimat. Adapun “bahwa saya harus rajin belajar” adalah anak kalimat yang menandakan bahwa dalam kalimat tersebut terdapat kalimat majemuk.



Kkalimat (3) terdiri dari kalimat majemuk setara : “ayah dan ibu pergi ke masjid “ yang juga sekaligus menjadi induk kalimat. Adapun “Saat Tuti dan Salma belajar” disamping merupakan kalimat majemuk setara juga merupakan anak kalimat yang menandakan bahwa dalam kalimat tersebut terdapat kalimat majemuk.

Kalimat Majemuk Campuran
Perhatikan contoh berikut!
(a) Ayah memberitahukan berita itu.
(b) Aku mendapat juara pertama.
(c) Ibu sangat terkejut
(d) Ayah memberitahukan bahwa aku mendapat juara pertama dan ibu sangat terkejut.


Kalimat (a), (b) dan (c) pada contoh di atas digabungkan menjadi sebuah kalimat (d). Perhatikan kalimat hasil penggabungan itu. Kalimat (d) sebagai hasil penggabungan memiliki 3 klausa dan salah satu klausanya berposisi sebagai anak kalimat, yaitu aku mendapat juara pertama. Itu merupakan anak kalimat pengganti objek pada kalimat ayah memberitahukan. Adapun, kalimat ibu sangat terkejut merupakan klausa yang setara dengan kalimat ayah memberitahukan. Kalimat seperti contoh (d) di atas adalah kalimat majemuk campuran, yaitu kalimat yang memiliki paling sedikit 3 klausa dan salah satu dari klausa itu ada yang menjadi anak kalimat.

Contoh:

(a) Adik sedang bermain di kamarnya.
(b) Ibu menyiapkan makanan di dapur.
(c) Aku terjatuh dari sepeda di halaman.
(d) Ketika aku terjatuh dari sepeda di halaman, adik sedang bermain di kamarnya sedangkan ibu menyiapkan makanan di dapur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar