Translate

Jumat, 27 April 2012

CONTOH PROPOSAL BANTUAN


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT. Dengan rahmat-Nya, sempurnalah yang baik. Dengan karunia-Nya, turunlah segala kebaikan. Dan dengan taufik-Nya, tercapailah segala tujuan. Bagi Allah juga segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh apa saja yang dikehendaki-Nya.
Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah saw. Sebagai pendidik dan pembawa petunjuk, sebagai hujjah atas semua manusia untuk menyempurnakan akhlak mulia, untuk mengeluarkan dunia dari kegelapan menuju cahaya dan menunjukkan mereka ke jalan Allah yang lurus. Semoga shalawat dan salam juga terlimpahkan kepada keluarga Nabi SAW, para sahabatnya dan orang yang mengikutinya dengan baik sampai hari pembalasan.
Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat bimbingan dan karunia-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan proposal yang berjudul “PERMOHONAN BANTUAN BUKU BACAAN SEGALA USIA”
Adapun maksud dan tujuan proposal ini diajukan untuk meningkatkan minat baca dan kualitas pengetahuan masyarakat di lingkungan Blok Jatiserang, Desa Jatiserang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka.
Proposal ini tidak mungkin selesai tanpa bantuan dari berbagai pihak. Dan tentunya akan banyak kekurangan-kekurangan yang didapat di dalam proposal ini. Tentunya tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaannya proposal ini.
Akhirnya semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

    Majalengka,            2011







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR   
DAFTAR ISI       
BAB I        PENDAHULUAN
JUDUL PROPOSAL   
LATAR BELAKANG   
LANDASAN PEMIKIRAN   
TUJUAN       
TARGET       
BAB II    ISI
PERMOHONAN BANTUAN   
PENGATURAN OPERASIONA RUMAH KACA   
BAB III    PENUTUP
BAB IV    LAMPIRAN
JUMLAH BUKU YANG ADA DI RUMAH BACA   
TARGET BUKU UNTUK ANAK-ANAK   
DAFTAR PUSAKA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    JUDUL PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN BUKU BACAAN SEGALA USIA

1.2    LATAR BELAKANG
Dalam rangka ikut serta meningkatkan minat baca dan kualitas pengetahuan masyarakat di lingkungan Blok Jatiserang, Desa Jatiserang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, baik fisik maupun mental, maka kami bermaksud menambah koleksi buku di rumah baca yang kami kembangkan secara mandiri..
Karena dalam keterbatasan kami dalam menanggung beban dana penyedian buku-buku serta operasional, maka bersama ini dengan hormat mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu/Sdr/i untuk kiranya dapat membantu.

1.3     LANDASAN PEMIKIRAN
    Berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil dilingkungan sekitar kami yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana kepada anak –anak dan remaja yang kami maksudkan tersebut. Promosi yang kami lakukan terbilang sangat sederhana dan berawal dari mulut ke mulut saja.
    Berorientasi terhadap keadaan sosial masyarakat Blok Jatiserang yang jarang berpendidikan tinggi dan pola pikir masyarakat yang tidak menganggap penting pengetahuan maka kami menganggap perlu menyajikan menu baru pengetahuan dan mendekatkan masyarakat dengan jendela ilmu berupa buku. Masyarakat perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya masyarakat akan mengerti memahami hal – hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfa’at untuk memperbaiki taraf hidup mereka. Dengan berdasarkan keberadaan rumah baca mandiri ini kami berharap bisa member warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan masyarakat desa kami yang masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang. Terutama pada anak – anak dan remaja yang lebih senang bermain HP dari pada membaca, sehingga dengan keberadaan Rumah baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku.

1.4    TUJUAN
Mempermudah anak – anak dan remaja mendapatkan buku referensi sekolah.
Mendekatkan anak-anak dan remaja dengan buku.
Memberikan anak –anak dan remaja kegiatan bermutu lewat membaca.
Meningkatkan kualitas dan kwantitas Rumah Baca sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Blok Jatiserang Desa Jatiserang.

1.5    TARGET
    Dengan adanya rumah baca mandiri ini diharapkan dapat memberikan sarana belajar murah dan mudah dan meningkatkan minat baca anak – anak, remaja, dan masyarakat setempat.



BAB II
I S I

2.1    PERMOHONAN BANTUAN
Melihat Penjelasan di atas, tentu tidak hanya sikap prihatin saja yang dibutuhkan, tetapi haruslah dijawab dengan langkah yang nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca. Untuk itu, dengan segelintir orang, saat ini kami sedang merintis sebuah Taman Bacaan untuk anak-anak, remaja hingga dewasa, dengan nama Rumah Baca Hidayah, dan mengusung visi: Melihat Dunia dengan Membaca.
Koleksi yang kami miliki saat ini sebanyak 300-an buku yang terdiri dari komik, novel, buku agama , buku pelajaran dari mulai SD hingga SMA, pengetahuan umum yang berasal dari dana pribadi. Namun, terkait dengan hal tersebut di atas, saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah keuangan pengadaan rak-rak buku rumah baca serta kurangnya bahan koleksi buku untuk rumah baca tersebut. Sehingga melalui proposal ini kami mohon bantuan dana atau koleksi buku, majalah, komik educativ, CD pembelajaran, atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat khalayak umum untuk membantu demi terwujudnya rumah baca tersebut.
Adapun koleksi buku yang kami perlukan (boleh buku Bekas) antara lain :
Buku dan komik edukatif bergambar
Buku Pelajaran SD
Buku Pelajaran SMP
Buku Pelajaran SMA
Buku Teknologi tepat Guna
Buku Komputer
Buku Pertanian dan Peternakan
Majalah dan buku sastra.
Buku Ketrampilan
Atlas
Buku Novel
Buku Dongeng dan Cerita anak
Ensiklopedi
Kamus
Perlengkapan Rumah Baca yang kami perlukan :
Meja baca kecil
Karpet ukuran 2 x 2
Karpet ukuran 4 x 4
Rak Buku


2.2    PENGATURAN OPERASIONAL RUMAH BACA
   
    Agar roda Rumah Baca bisa berjalan baik dan kontinyu, maka pengelolaan untuk sementara langsung di bawah kepengurusan dan akan dicari seorang pengurus yang sevisi untuk menjalankannya. Untuk mekanisme pengelolan Rumah Baca akan buka setiap hari dari jam 09:00 sampai jam 17.00 yang dilakukan oleh pengelola rumah baca.


Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut “Mengapa permukaan kaca tidak akan ditumbuhi jamur?”

BAB III
PENUTUP

    Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya, semoga bisa dijadikan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait. Atas kerjasama dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih.

BAB IV
LAMPIRAN

4.1    JUMLAH BUKU YANG ADA DI RUMAH BACA

TARGET BUKU UNTUK ANAK-ANAK


No.    JUDUL BUKU    PENULIS/PENERBIT    HARGA      
1.    Daur Ulang Sampah Bumi Aksara    Trim Sutidjo    Rp. 30.000,-      
2.    Makanan Bergizi    Tiga Serangkai    Rp. 15.700,-      
3.    Matahari    Tiga Serangkai    Rp. 15.700,-      
4.    Hujan    Tiga Serangkai    Rp. 15.700,-      
5.    Aneka Binatang    Tiga Serangkai    Rp. 14.000,-      
6.    Seri Daur Ulang    Tiga Serangkai    Rp. 17.500,-      
7.    Kupu-kupu    Tiga Serangkai    Rp. 17.500,-      
8.    Mamalia    Tiga Serangkai    Rp. 61.500,-      
9.    Pisces    Tiga Serangkai    Rp. 61.500,-      
10.    Lift The Flap : Primata    Suroso Mukti Laksono    Rp. 43.500,-      
11.    Lift The Flap : Hewan Buas    Hindrina Perdanasari    Rp. 43.500,-      
12.    Lift The Flap : Burung    Sarah Khan    Rp. 43.500,-      
13.    Lift The Flap : Hewan Peliharaan    Sarah Khan    Rp. 43.500,-      
14.    Lift The Flap : Hewan Merayap    Sarah Khan    Rp. 43.500,-      
15.    Fakta Top : Planet Bumi    ERLANGGA    Rp. 19.500,-      
16.    Fakta Top : Alam Kita    ERLANGGA    Rp. 20.000,-      
17.    Fakta Top : Alam Semesta    ERLANGGA    Rp. 20.000,-      
18.    100% Pintar : Hewan Menakjubkan    ERLANGGA    Rp. 22.500,-      
19.    Belajar Sains : Tumbuhan    ERLANGGA    Rp. 23.000,-      
20.    Ensiklopedi Mini : Dunia Kita    ERLANGGA    Rp. 67.000,-      
21.    Ensiklopedi Mini : Tumbuhan    ERLANGGA    Rp. 57.000,-      
22.    Ensiklopedi Mini : Hewan    ERLANGGA    Rp. 55.000,-      
23.    Topik Seru : Hewan-hewan Mungil    ERLANGGA    Rp. 23.000,-      
…..    Dan masih banyak lagi...           



DAFTAR PUSTAKA

http://mufiqhoo.blogspot.com/2009/09/contoh-proposal-pengajuan-sumbaangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar